Sate maranggi

Sate maranggi
Sore itu puluhan pedagang sate maranggi berjejer di sepanjang saluran irigasi-Kota Karawang. Karena berada disamping saluran irigasi, makanya dinamakan Sate Maranggi Irigasi.
Katanya, tadinya hanya beberapa penjual sate yang berdagang di tempat ini, namun sejak dua tahun terakhir menjadi puluhan. Maka terkenallah kawasan irigasi ini sebagai tempat ngabuburit sore menjelang malam sampai dengan malam hari oleh Warga Karawang dan sekitarnya. Duduk bersila makan sate sembari menikmati sejuknya udara irigasi di sore hari, merupakan kenikmatan tersendiri ketika berada disini.

”Mangga..mangga...silakan duduk,” begitu Teh Wawah dengan logat sundanya mempersilahkan tamu-tamu yang berdatangan sore itu.Teh Wawah merupakan satu diantara puluhan penjual sate maranggi yang sudah berjualan sejak 1,5 tahun yang lalu, dengan dibantu oleh dua orang saudaranya. ”Alhamdulillah sehari bisa laku 600 sampai dengan 700 tusuk Pak,” Kata Teh Wawah ketika saya bertanya berapa omsetnya sehari. Masih menurut Teh Wawah, setiap malam minggu bahkan bisa menjual sekitar 1000 – 1200 tusuk. ”Lumayan Pak bisa menghidupi keluarga kami, ” Kata Teh Wawah sembari tersenyum.
Satenya sendiri terbilang sate maranggi dengan bumbu yang sederhana dan rasa yang biasa. Ada dua jenis bumbu yang disediakan, yaitu bumbu kacang dan bumbu kecap. Orang makan sate maranggi irigasi tidak hanya karena satenya, tapi juga menikmati suasananya. Terutama di waktu sore menjelang maghrib, anginnya yang sepoi-sepoi dengan matahari yang tekah beranjak ke ufuk barat, semuanya terasa sempurna ketika orang duduk dan makan sate disini. Masih terlihat pemandangan sekitar dengan jelas, anginnya lumayan kencang, dan udara tidak panas.
Pantas saja kalau sore warga Kota Karawang dan sekitarnya banyak terlihat ngabuburit disini, tempat ini sudah dijadikan sebagai sarana wisata sederhana selain kulinernya itu sendiri. Tak ada salahnya jika anda berkesempatan mampir ke kota Karawang, mampirlah makan di Sate Maranggi Irigasi. Untuk menemukan tempat ini pun gampang sekali, karena lokasinya berada di Pemda Karawang. Rasakanlah sensasi anginnya Ketika duduk dan makan satenya !





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar