Orang Bilang Sorabi Kuntilanak, Tapi Nama Sebenarnya adalah Sorabi Hijau Haji M.Kasim

Kenapa ya orang-orang menyebutnya Sorabi kuntilanak…apakah ini bagian dari marketing atau memang disitu ada kuntilanak. Hmmm..serem amat ya kalau memang disitu ada kuntilanaknya.
Saya sendiri sudah lama penasaran sama tempat ini. Baru minggu lalu kesampaian tuk nyobain sorabi kuntilanak. Sejak keluar tol Karawang Barat Tanya orang dimana lokasi sorabi kuntilanak, hmmm orang-orang malah nggak ngerti. ,”Kalau sorabi hijau ada Pak dan itu tekenal banget di Rengasdengklok,” Hmm..pasti itulah si serabi Kuntilanak.
Cerita punya cerita ternyata dulunya di seberangnya adalah kuburan, makanya dinamakan sorabi kuntilanak. Ayak-ayak wae….orang-orang memberikan nama. Saya pikir pasti tempatnya bagus dan lebar karena sorabi ini sudah sangat terkenal. Begitu sampai sana, agak kaget juga karena sorabi ini hanya menempati sebuah kedai kecil semi permanen dengan ukuran 2x4 meter. Cukup kaget juga saya. Namun walaupun kondisi jualannya biasa aja, beberapa bintang film dan pakar-pakar kuliner juga sudah pernah berkunjung kesini. Hal ini menurut penuturan Bu Iis, salah satu pegawai sorabi hijau.
Begitu masuk warung, saya langsung saja saya ambil satu sorabi, karena perut sudah lapar. Sampai-sampai si penjual terheran-heran….”Hmmm…nggak sopan banget sih nih orang,” mungkin dalam hatinya berpikir begitu.
Sengatan pertama..hmm sorabinya memang enak, tapi tidak istimewa. Santan manisnya itu yang luar biasa. Kental dan manis, namun tidak membuat neg…apa ya bahas Indonesia neg itu..hehehe. Untuk santannya sendiri ada dua, ada yang rasa manis dan rasa durian. Tinggal pilih..dua-duanya mantab.
Clap..clep…tak terasa sudah habis 6 serabi…dan perut bener-bener dah kenyang. Perlu dicatat juga kalau hijaunya itu bukan berasal dari pewarna, tapi dari daun suji, semacam daun pandan. So pasti sehat…karena tidak ada pewarnanya.
Tak lupa pulangnya masih membawa satu kantong serabi untuk oleh-oleh dirumah. Cukup murah kok harganya…dengan santan rasa durian harganya Rp 1700 / biji, dengan santan rasa manis harganya Rp 1500/biji.
Kalau mau kesana..gampang…tinggal exit Karawang Barat, ikuti arah nanti ketemu pertigaan. Kalau lurus arah Pemda Karawang, dan kiri arah Rengasdengklok. Pastinya ambil arah yang ke Rengasdengklok. Kemudian lurus, lampu merah pertama terus, 300 meter dari situ ada pertigaan besar. Dari sini ambil kanan-arah Rengasdengklok. Ikuti jalan ini sampai dengan ketemu Pasar Rengasdengklok. Masih dalam deretan pasar nanti ada kecamatan Rengasdengklok yang berada di kiri jalan. Nah disebelah Kecamatan pas, nanti ada jalan belok kiri. Sorabi Hijau atau Sorabi Kuntilanak kurang lebih 600 meter dari situ…Tanya orang sekitar situ..semua orang sudah tahu kok.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar