Vihara Shia Jin Ku Po

Vihara Shia Jin Ku Po didirikan pada tahun 1770 oleh tiga pendatang dari Tiongkok, bernama Tsee, Kau dan Lau, tempat ini adalah tempat menyimpan Abu Jenazah Leluhurnya, kemudian mendirikan Bangunan sederhana yang merupakan Cikal Bakal Vihara Shia Jin Ku Po.Vihara ini melaksanakan 2 Hari Besar yaitu She pada tanggal 12-15 Tahun Imlek, dan setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulan. Ditempat inipun terdapat Vihara Budha.
vihara shia jin ku po

Vihara Shia Jin Ku Po terletak di Desa Tanjungpura, Kecamatan Karawang, Kabupaten Karawang atau kurang lebih 4 km dari Pusat Kota Karawang. Atau orang-orang biasa menyebut dengan Ma Ku Poh Tanjungpura. Bagi orang awam, relatif agak sulit untuk menemukan Vihara ini. Karena letaknya yang berada diturunan samping jembatan dan tidak adanya petunjuk jelas di jalan raya yang mengarahkan ke Vihara ini.

Namun begitu tak perlu khawatir, karena kalau tanya orang di seputaran Karawang, dimana Ma Ku Poh Tanjungpura pasti tahu. Vihara ini memiliki tempat parkir yang cukup luas walaupun sepintas lalu kelihatan sempit dari arah luar. Kurang lebih lima puluh mobil bisa masuk ke dalam pelataran parkirnya.
Bentuk bangunannya juga sangat megah dan unik, layaknya vihara-vihara di Kota China. Gapura yang sangat megah, halaman luar, tempat lilin sampai dengan tempat peribadatan di dalamnya. Tentunya setiap bagian dari bangunan tersebut mempunyai arti masing-masing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar